Kementrian LH-K : Workshop Rencana Kerja FOLU Net Sink 2030 Di Provinsi Sulawesi Selatan



Informasiterkini.id || Jakarta - Di liris kembali Media Informasi Terkini ID, Jum'at, 31 Mei 2024 dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menggelar workshop untuk menyusun Rencana Kerja Indonesia's FOLU Net Sink 2030 Sub Nasional Provinsi Sulawesi Selatan, KLHK, 10 Maret 2023. Workshop ini merupakan langkah nyata dalam akselerasi pengendalian perubahan iklim dari tingkat tapak. Sasaran yang ingin dicapai melalui Rencana Operasional Indonesia's FOLU Net Sink 2030 adalah tercapainya tingkat emisi gas rumah kaca sebesar -140 juta ton CO2e pada tahun 2030, mendukung net zero emission sektor kehutanan, dan memenuhi NDC yang menjadi kewajiban nasional Indonesia sebagai kontribusi bagi agenda perubahan iklim global, dengan memperhatikan visi Indonesia yang lebih ambisius dalam dokumen LTS-LCCR 2050.


FOLU Net Sink 2030 dapat dicapai melalui 15 aksi mitigasi sektor FOLU. Workshop ini dihadiri oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, UPT. lingkup KLHK di Provinsi Sulawesi Selatan, KPH di Provinsi Sulawesi Selatan, OPD Pemprov dan Kab/Kota se-Sulawesi Selatan serta para akademisi. Kegiatan workshop diharapkan dapat menimbulkan kesepahaman, sinkronisasi, dan konsilidasi data dan informasi serta tata kerja dan tata waktu pelaksanaan Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030 Sub Nasional Sulawesi Selatan.


Indonesia's FOLU Net Sink 2030 adalah sebuah kondisi yang ingin dicapai melalui penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dengan kondisi dimana tingkat serapan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi. Program ini menjadi panduan Indonesia dalam melakukan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan Iklim serta juga merupakan bagian dari aspirasi Indonesia menuju Long-term Strategy on Low Carbon and Climate Resilience (LTS-LCCR) pada 2050.


Rangkaian kegiatan workshop ini dilaksanakan untuk brainstorming, masukan terhadap rencana kerja sub nasional, menyusun struktur/organisasi pelaksana, menyepakati outline laporan, menentukan PIC dan pihak terlibat di masing-masing rincian output aksi mitigasi, menyusun tata waktu, dan target capaian sebelum workshop II, serta membuat grup-diskusi bersama untuk memudahkan komunikasi dan transfer informasi/data.


Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menyampaikan dukungan dalam upaya pencapaian target penurunan emisi Gas Rumah Kaca. Kepala Bidang Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan dan Lahan mengungkapkan bahwa pihaknya telah menetapkan kebijakan umum pembangunan kehutanan provinsi Sulawesi Selatan dengan tujuan meningkatnya akuntabilitas kinerja, perencanaan, dan pengelolaan keuangan perangkat daerah, meningkatnya rehabilitasi hutan dan lahan, meningkatnya kontribusi kehutanan terhadap pertumbuhan ekonomi, meningkatnya akses legal masyarakat dalam pengelolaan hutan melalui Perhutanan Sosial dan Konservasi Sumber Daya Alam, terjaganya fungsi dan legalitas kawasan hutan. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sulawesi Selatan memiliki luas hutan sebesar 1.993.902 ha yang merupakan Wilayah hutan yang harus dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Selatan.


Dalam menjaga kelestarian lingkungan untuk masa depan, perlu adanya kolaborasi dan tekad yang kuat dari semua pihak terkait untuk menjaga hutan lestari dan menjaga ekosistem di sekitar kita. Kegiatan ini akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca serta mempertahankan fungsi kawasan lindung bagi jutaan makhluk hidup yang merupakan bagian dari lingkungan hidup kita. Semoga workshop ini dapat meningkatkan kolaborasi, kesepahaman dan sinergi dalam upaya akselerasi mitigasi dan adaptasi perubahan Iklim.

________

_Jakarta, KLHK, 10 Maret 2023_

_Sumber: Website PPID KLHK

"KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN DIREKTORAT JENDERAL PLANOLOGI KEHUTANAN DAN TATA LINGKUNGAN"_

_Penulis : Sarifuddin_

Previous Post Next Post