Penanaman 200 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Kecamatan Mandalle Dilakukan Kodim 1421/Pangkep

INFORMASI TERKINI.id,PANGKEP-- Diketahui bahwa Mangrove adalah suatu tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang surut  memiliki fungsi, manfaat secara fisik, ekologis dan ekonomis, 

Ada sebanyak 200 pohon mangrove ditanam Personel Kodim 1421/Pangkep di Pesisir Pantai Kampung Mandalle Utara Desa Mandalle, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep pada Kamis (02/03/2023).

"Kegiatan seperti ini merupakan salah satu kepedulian Kodim 1421/Pangkep dalam menjaga kelestarian ekosistem mangrove. Menjadi lahan mencari sumberdaya perikanan yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan keluarga. Disamping itu ekosistem mangrove dapat juga menjadi lokasi pemijahan ikan dan organisme perairan yang bernilai ekonomis. Serta menjadi konsen terhadap penjagaan kualitas udara yakni mencegah terjadinya pemanasan global," Tutur Dandim 1421/Pangkep pada saat dihubungi melalui Via Seluler. 

Lebih lanjut, Dandim 1421/Pangkep  menjelaskan penanaman Mangrove ini diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di pantai serta  dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan, dan hasil laut lainnya Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir Pantai. 

Mangrove juga dapat mengurangi pencemaran laut dengan berperan sebagai biofilter mereduksi logam berat dan Nutrient dari darat yang akan masuk ke laut. Fungsi lainnya peningkatan oksigen dan penyerap karbon dari udara dan menyimpannya. Karbon bisa berkurang dengan adanya mangrove. "Artinya bisa merilis oksigen untuk seluruh masyarakat dunia. Ini program global menata bumi menjadi hijau," Ujarnya.

Kemudian Dandim 1421/Pangkep Letkol Inf Hengky Vantriardo, SE., MM., M.Han mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dan ikut serta menyukseskan kegiatan ini dan berharap dapat memberikan motivasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait kelestarian hutan dan lingkungannya. 

Adapun dalam penanaman pohon Mangrove ini melibatkan sekitar 50 Personel Kodim 1421/Pangkep. (AM)
Previous Post Next Post