Polsek Bungoro Laksanakan Jum'at Curhat Di SMK Negeri 2 Pangkep, Tampung Aspirasi Tenaga Pendidik

PANGKEP-Untuk menampung aspirasi para tenaga pendidik di SMK Negeri 2 Pangkep, Pada Jum'at 24/ 02/ 2023, Pukul 08.30 Wita berlangsung kegiatan Jum'at Curhat Polsek Bungoro Polres Pangkep Polda Sulsel di Ruang Guru SMK Negeri 2 Pangkep, Kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep.

Dalam kegiatan Jum'at Curhat tersebut dihadiri oleh Kapolsek Bungoro Kompol Andi Alamsyah, SH,MH, didampingi Wakil kepala sekolah SMK Negeri 2 Pangkep Abdullah, S.Pd, M.Pd bersama tenaga pendidik, Guru dan staf SMK Negeri 2  Pangkep sekitar 50 orang.

Adapun curhatan Guru SMK Negeri 2 Pangkep Sebagai berikut  :

1. H. Abdullah, 
Terimakasih atas giat Jumat Curhat dari polsek Bungoro. ada beberapa tempat nongkrong disekitar SMK 2 seperti halte, warung, terminal dan perumahan warga. Kalau bisa ada patroli untuk razia Anak sekolah tersebut.

Respon Kapolsek:
Personil Polsek Bungoro rutin melaksanakan patroli rutin pada saat jam pulang Anak sekolah guna mencegah terjadinya aksi tawuran pelajar, konvoi dan sebagainya. Ada  permasalahan titik-titik  yang minta dirazia, kendala kami nanti dinilai over akting.terapi kalau ada ijin dari Pihak sekolah kami siap untuk bersama sama turun di lapangan. 

2. Ibu Murniati sahara, 
Terkait parkir liar mobil mobil  besar / truk disekitar lapangan/perempatan/Bungoro.

Terkait rambu larangan memutar arah di Traffic light kenyataannya Banyak pengendara yang melanggar sehingga sangat Rawan terjadinya  laka lantas.

Respon Kapolsek: 
Sepanjang jalan poros Biringkassi  Tonasa 2  jadi kendala Terkait mobil truk yang Parkir. Kami  sudah berupaya  menghubungi pemilik kendaraan tapi iya iya saja, permasalahannya karena mereka mengejar retasi demi kebutuhan ekonomi tapi kami tidak bosan dan selalu menghimbau untuk menjaga keselamatan. Kami selalu melakukan himbaun kepada pemilik tolong dipinggirkan  kendaraan namun terkadang Sopirnya hilang. Terkait pengendara yang melanggar rambu, kami berupaya untuk memberikan edukasi kepada mereka, kendala kami Sementara karena tilang fisik tidak ada untuk memberi efek jera.

3. Ibu Mariati markarma, 
Terkait santunan  jasa Raharja, pengamanan siswa kami mengalami kecelakaan tetapi tidak mendapatkan santun jasa Raharja.

Respon Kapolsek:
Terkait laka lantas mekanisme kecelakaan lalu lintas yang dijamin oleh Jasa Raharja adalah kecekakaan yang melibatkan dua kendaraan atau lebih,untuk laka tunggal atau out control tidak dijamin oleh jasa Raharja, BPJS Kesehatan menjadi penjamin pertama untuk kasus kecelakaan tunggal.


4. Saharuddin, 
Pada saat kunjungan Bapak Gubernur ke SMK 2 Parkir sekitar SMK 2 sangat teduh dan rapi, namun setelah itu kembali tidak tertata. kami ijin kiranya melalui institusi Polri kami bisa parkir di pinggir  lapangan.

Respon Kapolsek: 
Kami akan koordinasi dengan pihak pengelola lapangan. Memang jalur kita sangat sempit dan kami akan komunikasi dengan pemerintah Kecamatan Bungoro Semoga ada kebijkan ruang parkir.

5. Ibu Bahrani, 
Terkait adanya mobil parkir/mogok di jalan masuk di perumahan kami dan sudah sangat menganggu.

Respon Kapolsek:
Kami sudah lakukan  koordinasi dengan pemilik kendaraan, namun pemilik kendaraan minta tolong dikasi waktu karena ada ruang lokasi tapi belum sempat dipindahkan dan tetap kami Kordinasi untuk segera dipindahkan.


6. Bapak Kamal, 
Terkait banyaknya siswa yang menggunakan Kendaraan ke sekolah. kami mohon adanya  pelarangan siswa naik motor karena rawan kecelakaan.

Respon Kapolsek: 
Aturan memang tidak membolehkan para pelajar yang belum memiliki SIM untuk menggunakan Kendaraan sendiri, namun dengan hati nurani dan rasa kemanusiaan kami berikan kebijakan terkait biaya transportasi ke sekolah dengan kendala perekonomian. Yang penting pelanggaran tidak Kasat mata dan pelanggaran nyata, jangan ugal-ugalan, jangan melawan arus, disiplin berlalulintas serta nengutamakan keselamatan melalui bantuan Bapak Ibu Guru himbau untuk disiplin berlalulintas.

7. Marhaeni, 
Siswa kami terkadang tidak sampai di sekolah, biasa singgah di warung terdekat. Kami mohon mereka disidak pada saat jam pelajaran terus diberikan Pelatihan bela negara.

Respon kapolsek:
Kami akan lakukan razia, kalau kami diijinkan oleh pihak sekolah dan giat razia harus dadakan. Kerjasama dengan Guru BK, kerjasama dengan Satpol tetap kami kordinasi, namun tetap dimaksimalkan. Saran siapkan kantin untuk kebutuhan siswa untuk giat bela negara bisa melalui kegiatan  ekstrakorikuler.

8. Pak Ibrahim, Saran kami Semoga tiap pagi dan pulang sekolah ada pihak Kepolisian di jalan.

Respon Kapolsek: 
Kita aktifkan kembali  Commanderwish atau pengaturan Pagi. dulu vakum karena ada ancaman seperti Covid, teroris dan sebagainya. Banyak curhatan warga kembali kami mengatur, untuk sementara Anak TK, kami aktifkan pengamanan pulang sekolah Terkait isu penculikan Anak (Hoax). 

9. Hasbullah, 
Terimakasih Pak Polisi, kata anaknya, enak kalau  ada Polisi di jalan. Semoga terus berlanjut.

Respon Kapolsek: 
Terimakasih atas apresiasi atas kinerja kami InshaAllah ke depan kami akan Lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada warga.

10. Nuryadi, 
Terkait Eskul pramuka saka Bhayangkara dan PKS apakah masih Aktif, maraknya kos-kosan di sekitar perumahan Samalewa kalau bisa ditertibkan.

Respon Kapolsek. 
Untuk giat rekrut anggota PKS disekolah mungkin bisa koordinasi dengan Satlantas Polres Pangkep, sekarang sedang turun ke Sekolah, sedangkan untuk giat pramuka saka bhayangkara bisa koordinasi Dengan Sat. Binmas dan masih aktif, kami akan melaksanakan koordinasi dengan Camat untuk penertiban kos-kosan di wilayah Kecamatan Bungoro.

Dalam kegiatan Jum'at Curhat yang dikemas dalam bentuk tanya jawab tersebut, tak banyak keluhan dan aspirasi dari para tenaga pendidik SMK Swasta Muhammadiyah  Pangkep namun tentang layanan Kepolisian serta  lebih banyak pada perkembangan dan situasi Kabupaten Pangkep dalam sepekan terakhir.

Diketahui bahwa Jum'at Curhat adalah wujud layanan polri dalam menampung aspirasi masyarakat, dimana bisa mengadukan langsung kepada aparat kepolisian. Kapolsek Bungoro Kompol Andi Alamsyah, SH, MH, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Jum'at Curhat adalah untuk menampung informasi apapun berkaitan dengan keamanan yang membutuhkan tindak lanjut oleh Kepolisian.

Di akhir kegiatan, Kapolsek Bungoro menyampaikan rasa terimakasih kepada SMK Negeri 02 Bungoro  Pangkep atas kesediaannya, support serta kehadirannya dalam kegiatan Jum'at Curhat semoga ke depan  hubungan silaturahmi tetap terjalin. (AM)
Previous Post Next Post