Adanya Laporan Warga Ternak Sapi Ditemukan Mati, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Cek Kebenarannya

PANGKEP- Sebanyak dua ekor ternak sapi milik warga ditemukan warga kompleks perumahan Tonasa Satu, Kelurahan Tonasa, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep. Warga menemukan ternak sapi tersebut dalam kondisi mati dengan bagian pada telinga mengeluarkan darah yang diduga terjangkit Virus Jembrana.

“Sepertinya sapi tersebut itu mati hari ini, soalnya kemarin tidak ada terlihat ternak sapi berkeliaran di komplek ini," Kata warga setempat.

Bhabinkamtibmas bersama Babinsa yang di dampingi Kabid Peternakan Dinas Pertanian Pangkep Darmawati mengungkapkan kematian sapi yang tiba-tiba tersebut diduga karena terkena virus jembrana yang saat ini memang sedang mewabah.

“Ternak sapi diduga terjangkit virus jembrana kalau ada darah keluar dari telinganya, itu termasuk ciri-cirinya,” tutur Darmawati saat dikonfirmasi pada Minggu Sore 26/02/2023.

Kemudian Bhabinkamtibmas Kelurahan Tonasa Aipda Amiruddin Menyampaikan kepada warga (Pemilik ternak) bahwa penyakit atau virus jembrana ini sudah lama ada, dan di Tonasa sendiri sudah ada beberapa sapi yang terjangkit.

“Kalau di Kelurahan Tonasa itu, total sudah ada sekitar 2 ekor sapi yang mati terdeteksi terkena virus jembrana," Ujarnya. (AM)
Previous Post Next Post