Workshop Pendidikan dan Pelatihan Ultrasonografi Obstetrik Dasar Kebidanan Dalam Antenatal Care Untuk Menurunkan AKI dan AKB di Masyarakat

INFORMASI TERKINI.id -Workshop Pendidikan dan Pelatihan Ultrasonografi Obstetrik Dasar Kebidanan Dalam Antenatal care Yang diselenggarakan di Makassar, Pada tanggal 28_29 Januari 2023
Untuk menurunkan AKI dan AKB di Masyarakat, Sejak berakhirnya Millenium Development Goals (MDGs) pada 2015 dan berlakunya SDGs,upaya penurunan AKI masih menjadi perhatian khusus di dunia.

Salah satu perubahan mendasar yang dibawa oleh SDGs adalah prinsip "tidak ada seorang pun yang ditinggalkan.Artinya cakupan target dan pelayanan dalam era SDGs lebih menyeluruh (100%) bila dibandingkan saat era MDGs yang hanya setengahnya(50%).

Mengingat banyaknya aspek yang ada dalam SDGs dan informasi yang terlalusedikit terkait SDGs di Indonesia,maka dibuatlah buku"Panduan SDGs untuk Pemerintah Daerah (Kota dan Kabupaten) dan Pemangku Kepentingan Daerah",peranan pemerintah daerah.
(Foto Istimewa)


Pengalaman dan pembelajaran dari pelaksanaan MDGs,serta upaya-upaya yang diperlukan untuk memulai pelaksanaan SDGs untuk kurun 2015-2030.

Penurunan Kematian ibu dan Bayi adalah salah salah satu target SDGS.banyak hal pemyebab kematian ibu nisa karna perdarahan,tekanan darah yang tinggi saat hamil (eklampsia), infeksi,persalinan macet dan komplikasi keguguran.
Sedangkan penyebab langsung kematian bayi adalah Bayi Berat Lahir Rendah(BBLR) dan kekurangan oksigen (asfiksia). Penyebab tidak langsung kematian ibu dan bayi baru lahir adalah karena kondisi masyarakat seperti pendidikan,sosial ekonomi dan budaya.

Kondisi geografi serta ditunjang sarana prasarana pelayanan yang kurang siap ikut memperberat permasalahan ini.Beberapa hal tersebut mengakibatkan kondisi 3 1.Terlambat(terlambat mengambil keputusan,
2.Terlambat sampai di tempat pelayanan 
3. Terlambat mendapatkan pertolongan yang akurat)

Tujuan Workshop

Salah satu upaya terobosan dan terbukti mampu meningkatkan indikator proksi (persalinan oleh tenaga kesehatan)dalam penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi adalah Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi dan pemeriksaan dini secara berkesinambungan yang mendorong ibu hamil untuk memeriksakan kehamilan,bersalin,pemeriksaan nifas dan bayi yang dilahirkan oleh tenaga kesehatan terampil termasuk skrining awal secara rutin semasa bayi dalam kandungan Tri semester 1.2 dan 3 dengan mempergunakan alat penunjang USG agar diketahui kondisi semasa hamil.
Hingga Keterlambatan pengambilan keputusan di tingkat Nakes dapat dihindari apabila ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengusai teknologi kesehatan untuk menunjang pemeriksaan supaya rujukan dini ke tingkat Faskes lebih cepat,tepat,dan efesien.Upaya yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan akan lebih optimal apabila semua khususnya Pemerintah Daerah berperan aktif.

mendukung dan melaksanakan semua program percepatan penurunan AKI dan AKB. Yang salah satunya meningkatkan kemampuan dan Keterampilan tenaga kesehatan dalam mengusai alat teknologi kesehatan dengan membuat pelatihan atau seminar kesehatan yang dapat menunjang pemeriksaan kesehatan lbu di masa kehamilan bisa terpantau dengan baik.

Maka dengan ini kami PT Bintang allenia Medica yang dari tahun 2010 telah banyak bekerja sama dengan Pemda se Indonesia.pihak swasta dan juga secara mandiri melaksanakan Workshop USG ini menawarkan Workshop pendidikan dan pelatihan USG dasar dalam Antenatal Care untuk tenaga kesehatan yaitu dokter umum dan Bidan yang di laksanakan selama 3 hari dengan Komposisi 30% Teori dan 70% praktek untuk mengejar peningkatan keterampilan dan kemampuan kompetensi dalam penggunaan alat teknologi kesehatan khususnya USG dasar Obstetrik dalam Antenatal Care
Demikian Penawaran ini,diharapkan bisa menjadi arah dan jalan yang baik dalam mendukung pemerintah dalam menentukan langkah atau kebijakan yang sesuai dengan masalah yang ada dan target penurunan AKI AKB bisa tercapai.


Laporan: UK
Previous Post Next Post