Lindungi Petani dari Kerugian, Pemkab Pangkep Subsidi Biaya Asuransi Pertanian

 
INFORMASI-TERKINI.id, PANGKEP-- Pemkab Pangkep membantu membayarkan biaya asuransi lahan pertanian seperti yang dijelaskan saat Sosialisasi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang dilaksanakan di aula DP2KBP3A, Rabu 30 November 2022.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) mengatakan, petani diharapkan dapat mengasuransikan lahan pertaniannya.

"Sebenarnya anggaran asuransi sebesar Rp144 ribu, tapi sudah disubsidi oleh pemerintah sebesar 80 persen. Jadi yang dibayarkan hanya Rp36ribu," Tuturnya.

Asuransi lahan pertanian ini penting kata MYL, sebab lahan yang terkena banjir, hama atau penyakit pertanian dapat mendapatkan ganti rugi sebesar Rp6juta perhektar.

"Tidak dipungkiri, nanti ada banjir atau hama. Insyaallah bisa langsung digantikan sebesar Rp6juta perhektar. Inilah yang kita harapkan masyarakat untuk mengasuransikan lahan pertaniannya," sambungnya.

Sementara Kepala Dinas pertanian Pangkep, Andi Agustina menyampaikan bahwa kekeringan, banjir atau serangan organisme pengganggu tanaman pada lahan pertanian khususnya padi dapat diklaim asuransi jika terdaftar.

Olehnya itu katanya, dilakukan sosialisasi untuk menyamakan persepsi terkait asuransi pertanian.

"Jadi Rp180 ribu jumlah yang seharusnya dibayarkan, Tapi oleh pemerintah telah dibayarkan 80persen atau Rp144ribu. Jadi yang dibayar hanya Rp38ribu oleh petani," Ujarnya. (AM)
Previous Post Next Post