Hujan Deras di Pangkep Akibatkan Banjir dan Tanah longsor di Sebagian Jalan

PANGKEP, INFORMASI TERKINI.id-Dengan turunnya Hujan yang sangat lebat, telah terjadi amblasnya talud pondasi yang mengakibatkan longsor di pinggir Sungai dan pohon tumbang di sisi Jalan Sukowati Kelurahan Paddoang-doangan, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Kamis 06 Oktober 2022 pukul 13.00 Wita atau sesudah Sholat Dhuhur.


Longsor tebing pinggir sungai tersebut terjadi saat hujan deras yang baru berlangsung selama 30 menit tiba-tiba Talut dari pondasi sepanjang hampir 100 meter dengan ketinggian lebih 5 meter hingga amblas sampai selebar 2 meteran kebagian badan jalan.


Berdasarkan penjelasan saksi mata bahwa dengan turunnya hujan lebat tiba-tiba terjadi tanah longsor ke sungai secara perlahan-lahan dan mengakibatkan beberapa pohon dan tanaman roboh hingga hampir menimpa rumah dan mengakibatkan kemacetan karena jalan tersumbat dengan dahan-dahan pohon hingga ke tengah jalan sebagaimana disampaikan oleh saksi mata tukang bengkel di simpangan pertigaan jalan Sukowati dan jalan HM. Arsyad B. 


Adapun akibat dari kejadian bencana tersebut yakni telah mengakibatkan jalanan macet serta berkerumunnya warga sekitar yang dalam penjagaan dan penanganan para petugas dari anggota TNI, aparat Kepolisian terdekat, Satpol PP dan petugas terkait lainnya dari pemerintah.


Hanya dalam beberapa menit setelah kejadian, hadir di lokasi tempat kejadian bencana Kapolsek Pangkajene AKP Kamal Syam, S.Pdi, Danramil Minasatene Let Inf. M. Nawir, Kasat Pol PP, Pemadam kebakaran dan penyelamatan Drs. H.M Idris Sira, MM serta Lurah Paddoang-doangan Ilham.


Saat ditemui di lokasi kejadian, Lurah Paddoang-doangan Ilham kepada Wartawan mengatakan bahwa di awal musim hujan daerah Paddoang-doangan itu tiap tahun memang rawan banjir dan longsor karena tanah yang labil, jadi kami antisipasi supaya warga siap siaga dan melaporkan kejadian kepada kami. sekarang kami dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja, Damkar serta teman-teman dari badan penanggulangan bencana.


Dikatakan Ilham, ini kejadian terjadi sejak Dhuhur tadi dan ini ada berapa pohon yang tumbang serta menutup arus lalu lintas, jadi kami antisipasi lalu lintas dan menutup sementara jalan untuk hari ini.


Ditambahkan Ilham, Alhamdulillah tidak terjadi korban jiwa dalam musibah ini dan hingga saat ini kami belum sempat menghitung berapa besar kerugian yang terjadi.


Sementara menurut Kasat Pol PP Pangkep Drs H Muh Idris Sira, MM mengatakan bahwa atas kejadian ini kami menghimbau kepada semua pihak atau masyarakat agar lebih waspada dan hati-hati di dalam melintas area sekitar sini serta berharap kepada semua aparat perangkat terkait kiranya segera datang dan turun tangan sesuai dengan tupoksinya masing-masing untuk membantu secepatnya menangani kejadian yang seperti nampak di depan kita ini.


Kemudian disampaikan H. Idris bahwa dari kabar yang disampaikan oleh beberapa dinas dan badan terkait yang dihubunginya telah mengerahkan para petugasnya dan barusan ada penyampaian BPBD mereka sudah dalam mengerahkan aparatnya datang ke tempat ini. (AM)

Previous Post Next Post