Tingkatkan Kesejahteraan Petani,Kabupaten Pangkep Bangun Lumbung Pangan di 3 Desa

PANGKEP, INFORMASI-TERKINI.id--Seperti dikatahui bahwa Kabupaten Pangkep merupakan salah satu daerah penyangga pangan di Sulsel. Bahkan, membantu pulau Jawa dan Kalimantan dalam hal produksi gabah.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pangkep, melalui Dinas Ketahanan Pangan, membangun lumbung pangan.

Peletakan batu pertama pembangunan lumbung pangan oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) didampingi oleh Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Sosial, Camat Minasatene dan Kades Kabba yang bertempat di Desa Kabba, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Senin 22 Agustus 2022.

Dalam pidatonya, Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) mengatakan, hadirnya lumbung pangan ini diharapakan agar ketersedian pangan bisa terjamin.

"Adapun Harapan kita, pembangunan lumbung ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani kita," Ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pangkep, Andi Sadda mengatakan, lumbung pangan akan dibangun di tiga lokasi yakni Desa Kabba dan Desa Panaikang di Kecamatan Minasatene, serta Desa Tamangapa, Kecamatan Ma'rang.
Lumbung pangan ini katanya, bertujuan untuk membantu Gapoktan. Gapoktan diharapkan membeli gabah dari petani, khususnya dari kelompok tani yang selama ini masih kurang serapan dari masyarakat.

"Jadi kita bangun lumpung pangan ini supaya hasil pertanian kita di Kabupaten Pangkep bisa tertangani setidaknya satu Gapoktan bisa bantu kelompoknya untuk pembelian gabah. Sehingga, ekonomi bisa terputar sendiri di Pangkep," Terangnya.

Lanjutnya, selama ini banyak dikeluhkan saat panen yang membeli gabah adalah pengusaha luar Pangkep. Sehingga, perputaran beras lari ke Kabupaten lain. Diharapakan dengan adanya lumbung pangan ini bisa tertangani. (AM)
Previous Post Next Post