Tips Pegawai BKPSDM Luwu Tetap Semangat Bekerja di Bulan Puasa

LUWU,INFORMASI TERKINI COM-Mengutip SE Menteri PANRB 11/2022, Sabtu (2/4/2022), tertulis bagi instansi pemerintah yang memberlakukan 5 hari kerja, jam kerja selama Ramadhan menjadi pukul 08.00-15.00 pada Senin-Kamis, dan untuk jam istirahat diberikan pada pukul 12.00-12.30.


Bekerja hampir tujuh jam saat berpuasa dalam sehari mungkin membuat kinerja PNS kurang maksimal, tapi tidak dengan pegawai BKPSDM Luwu. Tercermin di meja terdepan pelayanannya, nampak pegawai BKPSDM tetap semangat dalam memberikan pelayanan kepegawaian.



Dalam sesi wawancara khusus dengan wartawan media ini, tiga resepsionis BKPSDM Luwu, Nahdini, Nirmaya dan Andi ST. Nurhadijah kemudian berbagi tips tetap semangat bekerja di bulan suci Ramadan.


Nirmaya menjelaskan, jika dirinya bekerja di bidang mutasi banyak mengurusi administrasi, dan berkas-berkas pegawai lainnya. Melakukan pengimputan, berhadapan dengan komputar akan menjadi hal yang suntuk jika tidak mengatur emosi dengan baik.


Untuk itu, Nirmaya kerap menjaga moodnya dengan berusaha membuat tubuh tetap rileks, sesekali membuka lalu membaca kitab suci, dan mengarahkan fikiran untuk berfikir positif.


“Namanya kita kerja administrasi, menginput dan sebagainya, kalau tidak pintar ki atur emosi, pasti kan suntuk. Jadi pandai-pandainya kita mengatur posisi duduk supaya badan tetap rileks, santai mengisi waktu istrahat dengan mengaji, menjaga hati, dan berfikir positif thinking,” terangnya.


Tips berbeda dari gadis berumur 22 tahun, Nahdini yang bekerja di bagian umum BKPSDM Luwu. Menurutnya, murah senyum kepada rekan di kantor menjadi tips ampuh untuk menjaga mood ditengah bulan puasa.


“Tergantung dari perasaan ji itu, kalau di kantor kita saling sapa, murah senyum ke sesama pegawai, pasti mood kita terjaga, yah semangatlah,” kata wanita berparas cantik itu.


Senada dengan Dini, Andi ST. Nurhadijah juga memilih banyak berinteraksi dan saling menyemangati dengan rekan kerja, apalagi dengan sedikit musik-musik melow tentu menambah nuansa semangat dalam bekerja.


“Tentunya kita harus perbaiki pola istirahat di rumah, makan, dan tidur, sehingga setelah di kantor bisa bekerja dengan maksimal, tapi saling berinteraksi dengan rekan kerja, melempar guyonan kecil, bisa menambah semangat kita bekerja,” kuncinya.(*)

Previous Post Next Post