Bupati Manggarai Timur Andreas Agas, S.H, M.Hum Hadiri Acara Musrembang RKPD Di Bapelitbangda Di Lehong


NTT, Informasi- Terkini.id - 
Pemerintah Daerah Manggarai Timur mengadakan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah( Musrembang RKPD) pada hari rabu (6/4/2022) bertempat  di Bapelitbangda di Lehong. Musrembang RKPD ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan luring di kantor Bapelitbangda di Lehong.


Bupati Manggarai Timur , Andreas Agas ,  S.H, M. Hum  yang hadir didampingi Kepala Bapelitbangda Kabupaten Manggarai Timur, Ir. Ngkeros Maksimus dan beberapa pejabat lingkup Manggarai Timur. Acara diawali dengan mengheningkan cipta mengenang Wakil Bupati Manggarai Timur,   Alm.  Drs. Jaghur Stefanus yang telah berpulang pada tanggal 30 maret 2022.


Bupati Manggarai Timur dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrembang Rencana RKPD merupakan tahapan penting dalam perencanaan pembangunan tahun ini 2023 di Kabupaten Manggarai Timur. Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan harus dilakukan bersama sama semua stekholder demi tercapainya Manggarai Timur yang sejahtera , berbudaya dan berdaya.


" Musrembang Rancangan RKPD bertujuan untuk menjaring masukan dan saran penting untuk menyusun Rancangan RKPD Manggarai Timur tahun anggaran 2023,"Ujar Bupati.


RKPD pelaksanaan tahun ketiga ( RKT IV) dari Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah(RPJMD) Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2019 - 2024. Jadi RKPD tahun 2023 merupakan rangkaian yang berkesinambungan dengan RKPD tahun tahun sebelumnya dan tahun berikutnya dalam RPJMD Kabupaten  Manggarai Timur tahun 2019 - 2024.


RKPD tahun anggaran di beri tema, " Pemulihan Ekonomi Masyarakat melalui Penguatan SDM yang Unggul, Peningkatan Infrastruktur dasar dan Produk Olahan", tema tersebut merupakan turunan dari Misi 2 RPJMD tahun 2019 - 2024, yang fokus utamanya pembangunan ekonomi berbasis sumber daya lokal yaitu pertanian, pariwisata industri kecil, koperasi dan UMKM serta pembangunan desa berbasis budaya lokal.


RKPD tahun anggaran 2023 ada 4  prioritas yaitu Peningkatan Kualitas dan Kuantitas  Pendidikan dan Penguatan Sistim kesehatan Daerah untuk Menciptakan Sumber Daya Manusia  yang Unggul, Peningkatan Kualitas Infrastruktur Dasar untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi, Penguatan Rantai Nilai Produksi dan Pengolahan dengan Optimalisasi Sumber Daya Lokal dan Pembangunan Bu Kompetensi ASN dan Reformasi Birokrasi serta Pelayanan  Publik yang Optimal.


" Intervensi atas 4 prioritas diharapkan meningkatnya kualitas   SDM  Kabupaten Manggarai Timur, meningkatnya pertumbuhan ekonomi, berkurangnya ketimpangan antar wilayah serta meningkatnya akuntabilitas kinerja  pemerintah daerah dan kinerja pelayanan publik. Semua pihak harus berperan aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan masing masing kapasitas daerah masing masing, Daerah ini harus dibangun oleh Kita semua" tegas Bupati Agas.


Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Manggarai Timur tahun 2021 berada pada poin 2,29 persen naik 1,42 persen dari tahun 2020 sebesar 0,87 persen. Pertumbuhan ekonomi untuk 2023 ditargetkan sebesar 5,80 persen walaupun adanya efek pandemi  covid 19 yang terjadi sekarang ini, Kabupaten Manggarai Timur tetap optimis bisa mempertahankan pertumbuhan sebesar 5 persen dengan mengoptimalkan pembangunan secara tematik.


Indek Pembangunan Manusia Kabupaten Manggari Timur tahun 2021 berada pada poin 61,37 naik dari poin 60,85 dari tahun 2020 dan nilai IPM Kabupaten Manggarai Timur masuk katagori sedang, untuk pendapatan perkapita Masyarakat Manggari Timur pada tahun 2021 sebesar 12, 28 juta ( Rp/ tahun).

Data presentasi penduduk Manggarai Timur tahun 2021 berdaarkan data  Badan Pusat Statistik berada pada angka 26, 50 persen menurun 0,2 (26,52  persen pada tahun 2020).


Tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Manggari Timur pada tahun 2021 adalah terendah di NTT yakni sebesar 1,96 %, Sedangkan ketimpangan pendapatan atau rasio Gini Kabupaten Manggarai Timur tahun 2021 berada ada 0,286 poin dan untuk indikator ini  Manggarai Timur menjadi yang terbaik di ke dua  di NTT setelah Kabupaten Malaka.


Semua capaian yang kita raih tahun 2021 harus diapresiasi sebagai bagian dari kerja keras dan kerjasama juga harus menjadi standar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pada tahun berikutnya. Paradigma perencanaan pembangunan pada tahun 2023 lebih diarahkan pada  money follow program  yang lebih berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.


Untuk itu program dan kegiatan yang disusun  harus berorientasi pada manfaat untuk rakyat, Karenanya juga harus diketahui bersama bahwa tidak semua tugas dan fungsi dibiayai secara merata, kegiatan yang memiliki manfaat nilai manfaat yang tinggi untuk masyarakat akan menjadi prioritas.


Hal ini penting untuk diketahui bersama sehingga tidak menimbulkan pertanyaan lagi mengapa beberapa usulan tidak diakomodir.


Berkaitan dengan itu saya juga Pimpinan Perangkat Daerah dan TAPD agar lebih focus  pada usulan program kegiatan yang berkualitas dan memiliki nilai strategis, bermanfaat secara kongkrit untuk masyarakat dan terukur.


Hal lain yang menjadi penekanan dalam sambutan Bupati adalah sinergitas antar sektor. Pembangunan yang berkelanjutan membutuhkan komitmen bersama , sinergitas dan komunikasi antar perangkat daerah sangat penting sehingga efektifitas pelaksanaan kegiatan tercapai, jangan sampai terjadi tumpang tindih program dan kegiatan, penting untuk memahami tugas pokok dan fungsi masing masing.


Pembangunan itu bukan hanya soal penyerapan anggaran tetapi bagaimana perencanaan dilakukan secara matang dan dilaksanakan dengan baik sehingga tujuan besar untuk kepentingan banyak orang tercapai.


Kegiatan ini dilanjutkan oleh pemaparan materi  PD yang terkait dengan empat prioritas RKPD tahun 2023 yaitu Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan , Dinas Pendidikan dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian , Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Perikanan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Kepala Badan Kepegawaian dan SDM dan Kepala Badan Keuangan Daerah.


Sesi diskusi dan tanya jawab dilakukan secara daring dan mengetik pertanyaan, usul dan saran melalui kolom percakapan( chat) pada link zoom.


Semua usul dan jawaban dari pertanyaan diteruskan kepada perangkat daerah terkait, Dinas PPO dan Dinas Kesehatan menjawab beberapa pertanyaan secara langsung.


Usul dan saran yang belum terjawab pada kegiatan tersebut bersama dengan materi paparan dapat diakses melalui situs www. bapelitbangdamanggaraitimur.com.


Acara ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Forum Perangkat Daerah dan para Camat, sebagai pengintegrasian usulan masyarakat melalui Musrembang dalam Dokumen Rencana Kerja Daerah Tahun 2023 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2023. (Eliyanto)

Previous Post Next Post