TNI AL Koarmada II Bantu Pemberian Vaksinasi Covid-19 Secara Serentak Di Kabupaten Sampang


Sampang, Informasi-Terkini.id -
Bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sampang, TNI AL dalam hal ini Koarmada II kembali memberikan bantuan Vaksinasi Covid-19 melalui “Gebyar Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 6-11 tahun Dan Masyarakat Sampang” yang digelar di Pantai Wisata Camplong, Sampang, Madura pada Selasa (22/3/2022).


Sebanyak 11.000 dosis vaksin Sinovac (dosis I &II ) disiapkan untuk masyarakat Sampang, baik usia dewasa serta anak-anak usia sekolah dasar yakni  6-11 tahun. Selain terpusat di Pantai Wisata Camplong, vaksinasi dilaksanakan secara serentak di seluruh faskes yang terdapat di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang. 


Gebyar Vaksinasi Covid-19 yang terpusat di Kecamatan Camplong ini dihadiri oleh Kepala Staf Koarmada II, Laksma TNI Rachmad Jayadi mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, serta Wakil Bupati Sampang, H. Abdullah Hidayat. Juga hadir mendampingi Kadiskes dan Kadisminpers Koarmada II, Kadinkes Kabupaten Sampang, Komandan Satgas Bantuan Vaksinasi Covid-19 Koarmada II di Sampang Letkol Laut (P) Totok Susilo yang keseharian menjabat sebagai Komandan KRI Nala-363,serta pejabat Forkopimcam dan Forkopimkab Sampang.


Wabup Sampang dalam sambutannya menyampaikan jika kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19 ini rutin dilaksanakan setiap harinya di 14 kecamatan di Sampang. Karenanya Abdullah Hidayat bersyukur jika Sampang tidak termasuk daerah yang memiliki tingkat rendah vaksinasi.


“ Untuk dosis 1 kami sudah mencapai 80%, kemudian dosis 2 sebanyak 51 %, dan terkecuali dosis 3 yang memang diakui masih sedikit yakni 20 %. Dalam kesempatan yang baik ini, saya mewakili Bupati Sampang, meminta kepada seluruh Puskesmas di Sampang supaya mengadakan Gebyar Vaksinasi setiap hari,” ujar Wabup Sampang.


Sementara itu Kaskoarmada II mengungkapkan bila pemberian bantuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Sampang kali ini merupakan implementasi dari perintah Presiden RI Joko Widodo yang diturunkan kepada Panglima TNI, dan selanjutnya ditindak lanjuti oleh para Kepala Staf Angkatan dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.


Lebih lanjut Kaskoarmada II menyampaikan, jika tujuan dari perintah Kasal kepada seluruh satuan TNI AL, tidak lain untuk membantu percepatan terbentuknya Kekebalan Kelompok atau Herd Immunity rakyat Indonesia melalui vaksinasi. Karena dengan melaksanakan vaksinasi lengkap, diyakini dapat mengendalikan pandemi, dan memutus mata rantai penularan Covid-19  serta menuju era endemi Covid-19.


Laksma Rachmad Jayadi menambahkan, sejak pemerintah pusat gencar melaksanakan vaksinasi, Koarmada II telah membantu sejumlah Kota dan Kabupaten di wilayah Jawa Timur, bahkan Jawa Tengah.


“Semoga kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Sampang saat ini berlangsung aman dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama yakni masyarakat yang sehat semuanya. Atas nama Pangkoarmada II, saya ucapkan terima kasih,” tutur Laksma Rachmad Jayadi.


Usai pemberian plakat sebagai kenang-kenangan, acara berlanjut dengan peninjauan pelaksanaan vaksinasi. Animo masyarakat khususnya anak-anak pun terlihat tinggi, dengan banyaknya yang hadir yakni sekitar 1000 lebih anak-anak dari berbagai sekolah dasar di Sampang.


Untuk keberhasilan pemberian vaksin, Koarmada II dan Pemkab Sampang menerjunkan tenaga kesehatan profesional gabungan dari Diskes Koarmada II, BP Lanal Batuporon dan Dinkes Sampang, sebagai vaksinator maupun Tim PCare. Sementara demi kelancaran dan ketertiban, disiapkan alur atau prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin. Diawali dengan Registrasi saat peserta datang, sebagai filter awal persyaratan vaksin. Kemudian Screening sebagai kegiatan filter lanjutan oleh tenaga kesehatan, berikutnya Vaksinasi, dan terakhir Entry Data yaitu pengisian data masyarakat yang telah di vaksin oleh tim PCare dari petugas gabungan.(Irfan)

Previous Post Next Post