Koleksi Keris Warga Surabaya, Dari Peninggalan Leluhur sampai Barang Antik


Surabaya, Informasi-Terkini.id -
Salah seorang warga Kota Surabaya memiliki hobi mengoleksi pusaka dari berbagai daerah di Indonesia. Kini jumlahnya sudah mencapai puluhan.


Dia bernama Purba Rana asal Kelurahan Tenggilis Surabaya. Di ruangan berukuran 4x4 meter persegi, itu ia menyimpan Puluhan koleksi keris, termasuk tombak serta barang antik lainnya.


Pria yang akrab disapa Rana mengaku mulai kesengsem dengan pusaka sejak tahun 2013 silam. Berawal dari sepasang keris pemberian leluhurnya.


"Saat ini sudah ada 50-an keris. Ada yang dari Madura, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, dan Lumajang. Namun keris yang paling banyak didominasi dari Kota Surabaya," ujarnya, Selasa (1/3/2022).


Ia mengaku bila benda pusaka tersebut didapat dari jual beli. Namun tak sedikit yang ia peroleh dari penarikan dengan cara gaib. Dari ratusan keris itu kata dia, beberapa keris yang ia anggap sebagai masterpiece.


"Koleksi saya yang paling istimewa yakni keris Naga Sosro yang di pegang oleh raja, keris putri, dan keris singo barong," ucapnya.


Ia pun mengaku benda bersejarah atau benda antik tentu lekat dengan hal mistis. Kendati demikian, ia menilai tergantung bagaimana orang menyikapinya.


"Bagi saya ini adalah upaya untuk nguri-nguri budaya atau melestarikan budaya nenek moyang. Saya juga akan menjualnya bila ada seseorang yang berminat," tuturnya.(Fikih)

Previous Post Next Post