Kementerian PAN-RB Beri Penghargaan Pelayanan Prima 2021 kepada Polres Gresik


Gresik, Informasi-Terkini.id -
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyerahkan penghargaan pelayanan publik tahun 2021 untuk lingkup Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro. Penghargaan diberikan di Aula Awaluddin Djamin Gedung Bareskrim Polri Lantai 9, Jakarta, pukul 13.00 WIB dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Kamis (10/03). 


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden K.H Ma'ruf memberikan arahan kepada para Kapolres dan jajarannya. 


Penyerahan penghargaan ini juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube KemenPAN-RB. 


Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo akan memberikan penghargaan secara langsung untuk mereka yang berhasil meraih predikat A atau Pelayanan Prima. 


Hasil evaluasi tahun 2021, sebanyak 27 Polres/Polresta/Polrestabes berhasil mendapatkan penghargaan Pelayanan Prima. 


Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyampaikan bahwa pada tahun 2021, telah dilaksanakan evaluasi terhadap 310 unit Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro di 34 Provinsi. 


“Dari hasil tersebut diperoleh 2 nilai total Indeks Pelayanan Publik (IPP) lingkup Polri adalah 3,67 dari skala 5 dan masuk kategori baik,” ujar Diah. 


Tujuan diselenggarakannya pemberian penghargaan tersebut untuk memberikan apresiasi dan mendorong motivasi penyelenggara pelayanan publik untuk terus melakukan perbaikan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. 


Ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017. Enam aspek tersebut adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik. 


"Acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik, yang bertujuan untuk mempublikasikan secara luas atas prestasi yang sudah dicapai oleh masing-masing unit, sehingga diharapkan akan memicu persaingan positif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik,” ungkap Diah.



Polres Gresik meraih hasil Evaluasi katagori nilai A "Yan Prima 2021" bersama sejumlah satwil jajaran Polda Jatim. 


Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis menyampaikan prestasi ini berkat kerja keras semua pihak. 


"Penghargaan atau prestasi yang sudah dicapai saat ini, harus menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," tegas Alumnus Akpol 2002 ini.(Irfan)

Previous Post Next Post