Ketua Jaringan Pengusaha Nasional Maros Kunjungi Petani Kopi di Desa Bentenge Kecamatan Mallawa


Informasi-Terkini.id Maros,-- Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) Kabupaten Maros Yusdal Yusuf mengunjungi kebun kopi bentenge khas mallawa yang berlokasi di dusun bentenge, desa bentenge kecamatan mallawa kabupaten maros, Selasa (08/02/2022). 

Kunjungan yusdal yusuf kali ini dimaksudkan untuk bertemu langsung dengan petani kopi desa bentenge kecamatan mallawa kabupaten maros.

"Kehadiran saya disini yang pertama adalah bersilaturrahmi secara langsung dengan para petani kopi bentenge dan juga selaku ketua JAPNAS maros sy ingin mendengarkan secara langsung apa yang bisa kami upayakan dalam kolaborasi memajukan kopi bentenge khas mallawa ini,"Kata Yusdal. 

Dok : Ketua Japnas Maros Saat Berada di Kediaman Petani Kopi Desa Bentenge Kecamatan Mallawa Maros (08/02/2022).

Yusdal Yusuf dan rombongan diterima langsung dirumah ketua kelompok tani Hutan (KTH) Betara Bersatu Muh.Arif didampingi pula oleh personil polhut dari satuan kerja Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung andi asho.  

Sebagaimana diketahui kopi bentenge khas mallawa selama ini dibawah pendampingan Balai Taman Nasiona Bantimurung Bulusaraung sebab berada dalam area zona BTN BABUL.


Ketua KTH betara bersatu muh.arif mengungkapkan kendala petani kopi bentenge adalah masih kurangnya edukasi secara menyeluruh dari tahap awal budidaya hingga pasca panen.

"Selama ini pak permintaan kopi kami lumayan banyak, tetapi kami petani masih belum bisa memproduksi dalam jumlah banyak sebab masih kurang pengetahuan kami tentang kualitas-kualitas kopi dan sebagainya, oleh sebab itu kami sangat berharap mendapatkan penyuluh kopi profesional untuk mengajari kami bercocok tanam kopi yang baik seperti apa,"Ujarnya.

Selain berkesempatan mengunjungi langsung kebun kopi bentenge mallawa, yusdal yusuf juga berkesempatan melihat langsung proses roastingan  kopi bentenge khas mallawa yang dilakukan oleh ibu-ibu anggota KTH betara bersatu dan juga milenial yang terlibat langsung. 

Yusdal Yusuf menyatakan sangat bangga melihat keterlibatan masyarakat dalam proses produksi kopi bentenge khas mallawa.

"Kedepan JAPNAS Maros  akan berupaya maksimal untuk menggerakkan semua lokomotif sumberdaya guna mengantarkan petani kopi bentenge khas mallawa untuk sejahtera"Tutup yusdal.




Editor : Fajriansyah
Previous Post Next Post