Cegah Penyakit DBD, Lurah Alliritengae Bersama Dinas Kesehatan Maros Lakukan Penyemprotan Fogging


Informasi-Terkini.id Maros,-- Penyemprotan Fogging atau pengasapan dilakukan di RW 02 RT 01 Mannaungi Kelurahan Alliritengae Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, Selasa (08/02/2022).

Penyemprotan ini dilakukan disebabkan adanya warga yang meninggal di RW 02 RT 01 Mannaungi jalan kemiri akibat terpapar penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kegiatan penyemprotan Fogging atau pengasapan ini dilaksanakan oleh tim dari dinas kesehatan kabupaten maros didampingi oleh kepala puskesmas turikale bersama rombongan.

Lurah Alliritengae Suyuti Yahya mengucapkan terima kasih kepada dinas kesehatan kabupaten maros dan kepala puskesmas turiakale beserta rombongan yang telah peduli terhadap warga kelurahan Alliritengae. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada dinas kesehatan kabupaten maros, kepala puskesmas turikale atas perhatiannya terhadap warga kelurahan alliritengae,"Kata Suyuti Yahya.

Dok : Lurah Alliritengae (Suyuti Yahya) Saat Mendampingi Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas Turikale Serta Rombongan Saat Melakukan Penyemprotan Fogging atau Pengasapan.

Suyuti Yahya berharap kedepan dapat lebih meningkarkan kembali dan dapat mengutamakan fasilitas kesehatan untuk warga.

"Semoga kedepan kami dari pemerintah dapat lebih meningkatkan kesehatan masyarakat dan dapat lebih memperhatikan kesehatan warga kami terkhusus warga kelurahan alliritengae kecamatan turikale kabupaten maros,"Harap Lurah Alliritengae itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros dr.H.Muhammad Yunus,S.Ked,M.Kes berharap untuk mengantisipasi lonjakan DBD pada musim penghujan ini maka solusi yang tepat adalah pemberdayaan masyarakat.

"Harapan kami dalam rangka mengantisipasi lonjakan DBD di musim hujan maka solusi yang paling tepat adalah Pemberdayaan masyarakat (keterlibatan semua masyarakat dalam menjaga kebersihan) dengan menjaga masing-masing kebersihan rumah, halaman rumah, pekarangan dan selokan dari genangan air untuk mengindari adanya sarang nyamuk,jentik nyamuk dan tetap rutin dengan 3 M ( Menguras Bak mandi secara rutin, Menutup tempat penampungan air dan mengubur kaleng-kaleng yang berpotensi untuk tergenang air)," Kata dr.H.Muhammad Yusuf.

dr Muhammad Yusuf menambahkan bahwa masyarakat yang mengalami gejala demam dapat memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan yang ada di puskesmas setempat.

"Apabila ada warga masyarakat yang mengalami gejala demam agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan yang ada disekitar rumah kita dan melaporkan ke puskesmas masing-masing yang ada di wilayah masing-masing untuk dilakukan PE (penyelidikan epidemiologi) terhadap ada tidaknya jentik nyamuk yg berpotensi DBD,"Harap dr.H Muhammad Yusuf.



Editor : Fajriansyah
Previous Post Next Post