Angkat Tema "Peran Nyata Mahasiswa HIMATEK-POLTEK ATIM Dalam Pemberdayaan Potensi Desa" HIMATEK-POLTEK ATIM Gelar Kegiatan Bina Desa


Informasi-Terkini.id Gowa,-- Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Mineral POLTEK ATI MAKASSAR menggelar kegiatan Bina Desa dengan memfokuskan pemberdayaan potensi desa, yaitu pengolahan limbah kulit kopi menjadi pupuk di Lingkungan Topidi, Kelurahan Bonto Lerung, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa.

PJ Ketua Umum HIMATEK-POLTEK ATIM Muh. Rifky Satriawan menjelaskan bahwa kegiatan Bina Desa ini adalah salah satu program kerja dari HIMATEK-POLTEK ATIM sebagai bentuk implementasi Tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat. 

"Teman-teman HIMATEK-POLTEK ATIM dalam kegiatan Bina Desa ini mengangkat tema "Peran Nyata HIMATEK-POLTEK ATIM Dalam Pemberdayaan Potensi Desa,"Jelas Rifky.
Gambar : Istimewa

"Beberapa kegiatan diantaranya yaitu sosialisasi pembuatan pupuk yang dihadiri dan disosialisasikan langsung oleh beberapa dosen dari jurusan Teknik Kimia Mineral POLTEK ATI Makassar yang salah satunya adalah Ketua Jurusan Teknik Kimia Mineral POLTEK ATI Makassar dan dilanjutkan pembuatan pupuk oleh teman-teman HIMATEK-POLTEK ATIM dan para warga Lingkungan Topidi,"Lanjutnya.

Kegiatan Bina Desa ini yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10 - 12 September 2021 mendapat dukungan dan antusias dari Pemerintah setempat, pihak Kepolisian dan khususnya masyarakat Lingkungan Topidi di Kelurahan Bonto Lerung, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa.

"Walaupun salah satu faktor terpenting pada kegiatan ini adalah sosialisasi dan pembuatan pupuk dari limbah kulit kopi selain daripada itu kami juga melaksanakan beberapa kegiatan edukasi di antaranya mengajar dan mendidik anak-anak sekitar Lingkungan Topidi di dalam hal pendidikan non-formal,"Imbuhnya.

"Untuk menjalin silaturahmi lebih dekat kepada masyarakat sekitar teman-teman dari HIMATEK-POLTEK ATIM membuat beberapa lomba untuk anak-anak sekitar Lingkungan Topidi dan beberapa penampilan dalam kegiatan pentas seni yang diadakan,"Ujar Rifky.

Pada penutupan kegiatan, kami menyampaikan kepada masyarakat sekitar bahwa kegiatan Bina Desa ini adalah langkah awal bagi teman-teman Mahasiswa HIMATEK-POLTEK ATIM bagaimana kemudian bisa bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat Lingkungan Topidi maupun instansi Pemerintah, terkait Pemberdayaan Potensi Desa yang dapat dimanfaatkan kedepannya.

"Kami menyampaikan bahwa kegiatan Bina Desa ini adalah kegiatan yang berkelanjutan dalam artian sewaktu waktu kami akan kembali ke Desa ini untuk melihat perkembangan maupun permasalahan yang hadir sesuai dengan kondisi masyarakat sekitar,"Tutupnya.


Penulis : Fajrin
Previous Post Next Post